6 Tips Cegah Virus Corona Bagi Pengendara Motor

6 Tips Cegah Virus Corona Bagi Pengendara Motor

 

Virus Corona atau secara medis disebut Coronavirus Disease (COVID-19) kejadian pertama kali dilaporkan pada akhir tahun 2019 dari kota Wuhan, Tiongkok. Serangan virus berbahaya tersebut hingga tulisan ini dibuat telah membuat sebanyak 94.250 orang positif terkena COVID-19 dan 3.214 meninggal dari 76 negara di dunia termasuk salah satunya Indonesia (sumber data – Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE).

Indonesia sendiri baru mengumumkan bahwa ada 2 WNI positif terkena virus corona pada Senin, 2 Maret 2020. Kasus ini merupakan kejadian pertama WNI terpapar virus di wilayah Indonesia. Akibat peristiwa tersebut maka seluruh masyarakat Indonesia diharapkan meningkatkan kewaspadaan serta mengantisipasi agar terhindar dari penularan virus Corona.

Bagi pengendara sepeda motor honda yang notabene berada di ruang terbuka jalan raya juga beresiko terpapar virus berbahaya ini. Hal tersebut bisa terjadi karena cara penularannya melalui udara seperti batuk dan bersin. Melakukan kontak dengan orang yang positif terkena virus melalui sentuhan langsung. Selain itu benda-benda yang permukaannya berpotensi terpapar virus menjadi media penularan tak langsung.

Pengendara motor bisa melakukan berbagai tindakan untuk antisipasi serta pencegahan terhadap penularan virus corona, yaitu:

Gunakan Masker
Sebagian besar pengendara sepeda motor Honda di Indonesia sudah familiar tentang penggunaan masker saat di jalan raya karena fungsi utamanya untuk menghindarkan diri dari debu. Namun saat ini fungsi utamanya adalah sebagai “penghalang” partikel kecil padat seperti debu atau cairan yang berada di udara yang beresiko terpapar COVID-19.

Masker Motor Cegah Virus Corona

Pakai Kacamata Motor
Penggunakan kacamata bagi pengendara motor selain fungsi umum menghindari debu juga menjadi alat pencegahan virus. Hal itu dimungkinkan karena di ruang terbuka partikel dengan ukuran paling kecil bisa menempel di wajah khususnya area sekitar mata.

Sarung Tangan
Sarung tangan yang digunakan oleh pengendara sepeda motor fungsi utama agar tangan tidak licin saat memegang stang motor. Selain itu sarung tangan motor yang tertutup semuanya menghindarkan dari sentuhan langsung terhadap objek yang berpotensi terjangkiti virus corona.

Jaga Kebersihan
Setiap kali akan dan setelah mengendarai motor terlebih dahulu cuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun atau bahan antiseptik. Setelah itu basuh muka dan bagian tubuh lainnya yang terbuka seperti leher, lengan, dan kaki.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen
Selain untuk menjaga kesehatan dan stamina saat musim hujan saat ini, vitamin serta suplemen bisa menguatkan daya ketahanan tubuh sehingga bisa meminimalisir terkena virus corona ataupun penyakit lainnya. Imunitas atau kekebalan tubuh perlu dijaga agar terhindar dari ancaman kesehatan. Vitamin C dan B Kompleks menjadi rujukan utama yang bisa dikonsumsi tiap hari tentunya dengan dosis yang tepat.

Konsumsi Jamu
Herbal merupakan obat alami yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dan pada saat wabah virus corona merebak jamu menjadi solusi pencegahan awal. Hal tersebut dikemukakan oleh Prof Dr Chairul Anwar Nidom, bahwa formula zat aktif curcumin yang terdapat pada jahe, kunyit, temulawak, dan sereh bisa menangkal virus corona. Walaupun khasiat rempah-rempah herbal tersebut baru melalui uji praklinis untuk infeksi virus flu burung dan corona jenis lain (bukan termasuk COVID-19) ada baiknya menjadi konsumsi jamu harian.

6 cara antisipasi dan pencegahan bagi pengendara sepeda motor agar terhindar dari terinfeksi virus COVID-19 sebaiknya dilakukan. Hal tersebut merupakan langkah awal cerdas serta bijak agar kita sebagai pengendara motor yang aktifitasnya berada di ruang terbuka terjaga kesehatannya. Marilah mulai sekarang lindungi diri kita sebab sampai sekarang virus COVID-19 belum ditemukan obatnya. Salam satu aspal!