Scroll to top

Beli Sparepart Honda Original, Daftar Sekarang!

Keranjang

Inbox

Notifikasi

Lihat Selengkapnya

Tidak ada data

Kelebihan All New Vario 160 2024 Terbaru yang Menarik untuk Diketahui!

Sabtu, 27 Jan 2024, 13:50:39 WIB / By Nambo Motor

Kelebihan All New Vario 160 2024 Terbaru yang Menarik untuk Diketahui!

Pada kesempatan kali ini Nambo Motor akan mengulas tentang Kelebihan Honda All New Vario 160 yang rilis pada tahun 2024. Tidak hanya dari segi mesin dan fitur saja, tipe All New Honda Vario 160 ini adalah penerus skutik yang diluncurkan sudah ada pada tahun 2006 silam. Bahkan di generasi keenam ini, motor Vario baru mendapatkan sejumlah perubahan dan pembaruan fitur dibandingkan model Honda Vario 150 yang dirilis pada 2018 lalu.

Keunggulan All New Vario 160

Tentu hal ini sangat menarik untuk dibahas mengenai pembaharuan produk motor baru Vario ini. Pasalnya pihak pabrikan mengklaim bahwa di setiap generasinya Vario akan terus mengalami peningkatan fitur dan tentunya ada berbagai peningkatan. Lantas apa saja yang baru dari model All New Vario 160? Mari kita ketahui bersama dari  kelebihan New Vario 160 terbaru 2024 berikut ini.

Dimensi Diperbesar

Berbicara mengenai dimensi dari tipe Honda Vario 160 yang jika dibandingkan dengan tipe Vario 150 tentunya ukurannya jauh lebih besar. Bahkan dari foto tersebut, bodi Honda Vario 160 tampak lebih bongsor, lebih tebal dan berisi. Namun ternyata dimensinya tidak banyak berubah.

Bahkan panjangnya melebihi seri 150 dari 1.919 mm menjadi 1.929 mm, untuk lebar tetap 679 mm, adapun tinggi dari 1.062 mm juga menjadi 1.088 mm. Jadi kemungkinan besar untuk peningkatan ketinggian dari penggunaan ukuran ban yang jauh lebih besar sehingga dalam hal ini mampu menambah ketinggian motor All New Vario 160.

Gunakan Bingkai eSAF Baru

Untuk rangka Honda Vario 160 menggunakan platform baru yaitu eSAF yang sebelumnya sudah diterapkan pada Honda BeAT, Honda Scoopy dan Honda Genio. Jadi untuk rangka ini lebih ringan sekitar 1,1 kilogram dari ukuran sasis sebelumnya. Tentunya hal ini untuk meningkatkan kestabilan dan kelincahan motor.

Jadi dalam hal ini sasis sekarang tidak berbentuk seperti pipa, tetapi juga terbuat dari lembaran baja yang sudah dipress kemudian dilas laser. Keunggulan lainnya, yakni penggunaan platform eSAF, menjanjikan daya tahan yang tinggi, dan lebih tahan terhadap defleksi atau tekukan jika terjadi benturan pada penggunaan motor yang ekstrem.

Mesin eSP+ 4 katup mirip Honda PCX 160

Selanjutnya, elemen penting dari Honda Vario 160 adalah penggunaan mesin baru, sehingga dalam hal ini ada tambahan nomor 160, seperti halnya Honda PCX 160. Sebenarnya kedua produk ini juga menggunakan mesin yang sama, yang berupa ESP+ yang dikonfigurasi pada 4-valve. Jadi, sebelumnya di tipe Honda Vario 150 masih ada eSP 2 katup biasa.

Bahkan kubikasi mesin juga mengalami peningkatan dari yang semula 149,3 cc menjadi 156,9 cc. Interior tetap SOHC dan berpendingin cairan. Karena kapasitas isi silinder juga semakin baik, tenaganya pun bertambah 2,3 PS dari 13,1 PS menjadi 15,4 PS. Namun, torsinya belum melonjak dari 13,4 menjadi 13,8 Nm.

 

Honda Vario 160 Memiliki Rem Cakram Belakang

Penyempurnaan fitur lain pada Vario 160 adalah hadirnya rem cakram di roda belakang. Awalnya untuk Vario 150 tidak ada sistem pengereman. Diduga hal ini dikarenakan banyaknya masukan dari konsumen Honda Vario yang menginginkan rem cakram belakang, tentunya hal ini dapat bekerja lebih maksimal dan terhindar dari bunyi mencicit.

Fitur terbaru dari vario ini tentunya akan menambah nilai estetika dari jenis motor ini. Karena saat ini masih jarang motor matic yang menggunakan cakram belakang. Sehingga membuat motor vario 160 terbaru ini menjadi sangat spesial untuk di miliki oleh semua kalangan saat ini.

Pakai Ban Gambot Bikin Gemuk

Ban yang digunakan pada Honda Vario 160 jauh lebih besar dan lebar. Tujuannya untuk menyesuaikan tampilan super besar dan gagah juga untuk mengejar kestabilan motor saat dikendarai, dan agar penyaluran tenaga dari arah mesin ke roda jauh lebih baik.

Ukuran ban bertambah signifikan, dari awalnya untuk roda depan hanya 90/80 menjadi 100/80. Sedangkan ban belakang 100/80 sampai 120/70. Jadi ban baru bisa menutupi pelek Y-spoke yang sudah diputihkan dengan warna coklat kehitaman dan hitam tergantung jenisnya.

Honda All New Vario 160 Dilengkapi ABS

Rem cakram belakang hanya tersedia pada varian tertinggi dan memiliki fitur rem single channel ABS (Anti-lock Braking System) yang disematkan pada cakram depan. Harga yang harus dibayar untuk itu adalah Rp 28,5 juta. Peningkatan fitur inilah yang membuatnya semakin berkelas dan disebut-sebut oleh AHM sebagai skutik premium sporty.

Sedangkan untuk tipe CBS ini masih menggunakan rem belakang tromol. Dari segi harga juga sudah disesuaikan, namun harganya masih terjangkau bagi yang menginginkan Honda Vario 160 ini namun tidak membutuhkan ABS. Harganya hanya Rp. 25,8 juta.

Fitur Pengisi Daya USB, Tidak Perlu Adaptor!

Fitur tambahan lain yang sebelumnya absen pada Vario 150 adalah fasilitas charging smartphone. Tentu saja dalam hal ini bentuknya sudah menjadi port USB tipe-A, bukan soket pemantik api sehingga pengguna sepeda motor tidak perlu menyiapkan adaptor tambahan. Cukup bawa kabel charger, bisa kok. Akhirnya sekarang ada charger di Honda Vario.

Spion Baru dan Fender Depan Seperti Motor Sport

Ada detail lain yang diubah, yakni desain knalpot dan cover. Jika diperhatikan secara seksama, desain spionnya juga berbeda, jadi mirip dengan yang dipasang di Honda PCX 160.

Fascia Memakai DRL Baru

Kami sepakat bahwa Honda Vario 160 fascia tentu lebih enak dipandang mata. Pasalnya, ini masih mempertahankan dual sharp eye atau lampu depan LED kembar dan juga memiliki rona daytime running light (DRL) baru yang merupakan desain ala mobil mewah modern.

Lalu kenapa begitu? Karena ini bukan LED bar biasa, bahkan desainnya juga merupakan lampu alis LED di atas lampu utama, kemudian bagian ini juga dipotong oleh panel bodi moncong depan dan memanjang lagi ke rumah lampu sein sepeda motor. Tentu ini menarik, bukan!

Desain Belakang Tampan

Selain bagian depan, tampilan belakang Honda Vario 160 juga menarik untuk diperhatikan. Bentuknya juga jauh lebih menarik dibandingkan Honda Vario 150. Desain housing pada lampunya melengkung dengan garis tegas dan sedikit lebih minimalis. Kemudian juga sudah dipadukan dengan sepak bola layaknya motor sport dan sudah dilengkapi dengan lampu sein tersendiri.

Kemudian perbedaan yang sangat signifikan lagi adalah pada posisi bola depan Honda Vario 160 yang penempatannya berdekatan dengan lingkar atas ban depan seperti fairing motor sport.

Akhir kata

cs nambo

Beberapa kelebihan dari Honda Vario adalah:

  1. Desain yang modern dan stylish: Honda Vario memiliki desain yang modern dan stylish, sesuai dengan tren skuter saat ini.
  2. Performa mesin yang baik: Honda Vario memiliki mesin yang bertenaga dan responsif, yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam perjalanan sehari-hari atau perjalanan jauh.
  3. Konsumsi bahan bakar yang efisien: Honda Vario memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien, sehingga membuat biaya perawatan lebih rendah.
  4. Fitur-fitur keselamatan: Honda Vario dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti rem cakram depan dan belakang, serta lampu depan dan belakang LED yang membuat perjalanan lebih aman.
  5. Kualitas konstruksi yang baik: Honda Vario dibuat dengan kualitas konstruksi yang baik, sehingga dapat bertahan lama dan meminimalkan masalah mekanikal.
  6. Kelengkapan fitur yang lengkap: Honda Vario dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap seperti kunci elektronik, jok yang nyaman, dll.

Namun, Anda juga harus memperhatikan kekurangan dari Honda Vario, seperti harga yang cukup mahal, kurangnya ruang penyimpanan.

Nah itulah Kelebihan All New Vario 160 Terbaru 2024 yang bisa kami ulas untuk anda semua yang menyukai motor merk Vario besutan Honda ini. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi kepada teman-teman semua yang saat ini ingin membeli motor ini.


Silahkan Login untuk memberikan Komentar...