Cakupan Garansi Honda yang Perlu Anda Ketahui

Cakupan Garansi Honda yang Perlu Anda Ketahui

Garansi biasanya diberikan untuk konsumen sesaat setelah mereka membeli satu unit motor baru. Dalam setiap pembelian sepeda motor Honda, ternyata ada beberapa jenis garansi yang akan diberikan oleh pihak produsen. Lalu, apa sajakah jenis garansi tersebut?

 

Peran Penting Garansi Untuk Perusahaan dan Konsumen

Di bawah ini merupakan beberapa peran penting dari keberadaan garansi untuk suatu kendaraan bermotor, khususnya motor Honda.

  1. Mengurangi Risiko Pembelian Oleh Pelanggan

Bagi para pelanggan, layanan garansi memegang peranan yang penting dalam mengurangi berbagai resiko pembelian yang mungkin akan dirasakan. Selain itu, garansi memberikan beragam kemudahan bagi pelanggan saat ada keluhan terkait dengan produk yang telah mereka beli.  Melalui garansi juga, perusahaan akan memberikan kompensasi yang sesuai dengan keluhan pelanggannya, dengan catatan keluhan tadi masuk ke dalam salah satu ketentuan dan syarat yang diberlakukan.

Secara garis besar, garansi memberikan sumbangsih atas keputusan pelanggan dalam membeli suatu produk motor. Juga berperan untuk memperkuat loyalitas dari para pelanggannya untuk jangka panjang.

Baca Juga  Promo Lebaran, Kredit Motor Honda Unggulan dengan DP Murah!

 

  1. Menjamin Alat Kontrol Kualitas Produk

Pada saat perusahaan membuat suatu kebijakan layanan garansi kepada konsumen, maka secara tidak langsung perusahaan tadi akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan kualitas barang yang baik, sehingga pelanggan juga akan memberikan feedback positif untuk perusahaan terkait.

Pengadaan evaluasi terhadap supplier dan juga lini produksi perlu dilakukan jika ternyata klaim garansi yang dipegang pelanggan digunakan. Melalui evaluasi yang rutin, tentu akan mengurangi potensi kerugian bagi perusahaan dan membuahkan hasil produk yang berkualitas baik. Sehingga produk tadi akan lebih layak dalam membantu perusahaan mencapai tujuan dan target profitnya.

 

  1. Menetapkan Standar yang Jelas

Bagi perusahaan, pengadaan garansi akan membantu mereka untuk bisa menetapkan standar yang jelas. Dimana nantinya standar tersebut akan menciptakan gambaran umum tentang apa yang menjadi target dari perusahaan di benak para pelanggan dan juga karyawannya. Manajer perusahaan juga dimotivasi untuk terus memperhatikan layanan garansi pada konsumennya guna menghindari terjadinya kegagalan kualitas atas produk kendaraan buatannya.

Baca Juga  Instruktur Safety riding Indonesia Siap Bertanding di Jepang

 

Jenis Garansi Motor Honda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda menawarkan beberapa jenis garansi motor yang bisa diklaim oleh para pelanggannya. Salah satu diantaranya ialah:

  1. Garansi Mesin

Klaim atas garansi mesin akan dikabulkan apabila diajukan pada 3 tahun pertama sejak pembelian motor dilangsungkan, atau sebelum jarak maksimalnya terpenuhi, yakni 30.000 km. Garansi mesin akan hangus saat salah satu dari kedua kondisi tersebut terjadi.

  1. Garansi Rangka dan Sistem Kelistrikan

Masa garansi untuk komponen rangka dan sistem kelistrikan adalah 1 tahun atau sekitar 10.000 km. bergantung pada kondisi mana dulu yang tercapai terlebih dahulu.

  1. Garansi Komponen PGM-FI atau Programmed Fuel Injection

Jenis garansi yang satu ini hanya diperuntukkan untuk motor Honda yang sudah terintegrasi teknologi PGM-FI. Untuk masa garansinya sendiri adalah 5 tahun atau 50.000 km, dinilai dari kondisi mana yang tercapai lebih dulu.

Sebagai tambahan informasi saja, ketiga jenis garansi di atas diberikan Honda guna menjaga konsumen dari potensi terjadinya kerusakan atau kesalahan akibat proses produksi.

Baca Juga  BELI SPARE PART MOTOR HONDA ONLINE MUDAH DAN LENGKAP

Nah, agar garansi motor yang Anda miliki tidak hangus, Anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya. Seperti, menjaga buku servis dan garansi, rutin menservis motor pada periode waktu yang dituliskan pada buku pemilik, serta tidak memodifikasi motor dengan komponen dari luar pabrikan resminya.