Honda Beat Lama VS Baru, Mana yang Lebih Bagus?

Honda Beat Lama VS Baru, Mana yang Lebih Bagus?

Pada tahun 2020 lalu, All New Honda Beat telah resmi dirilis di Jakarta dan menawarkan banyak perubahan yang lebih canggih. Khususnya pada bagian mesin, hal ini memang berhasil menarik perhatian dunia otomotif, salah satunya yaitu mesin eSP yang sebelumnya dimiliki oleh Honda Genio. Lalu apa bedanya motor baru ini dengan yang lama? Simak spesifikasi selengkapnya disini.

  1. Desain Bodi

Jika dilihat sekilas, tampilan depan motor Beat memang mirip dengan Honda Vario. Khususnya pada bagian lampu LED, yang memiliki model menyiku saat dilihat dari samping. Desain lampu ini memang awalnya dimiliki oleh Honda Vario 150, yang merupakan generasi pertama yaitu pada tahun 2015.

Sejak saat itulah desain LED seperti ini mulai populer, desain LED negative slant ini juga sama dengan yang ada pada Honda CBR600RR generasi terakhir. Sementara tampilan lampu dengan desain V-shaped hingga saat ini masih menjadi ciri khas bagi motor ini.

Karakter lampu ini disebut Honda sebagai penyesuaian dengan konsepnya yang terbaru, yaitu Dynamic Agility.

  1. Kubikasi Mesin
Baca Juga  Bahaya Penggunaan Spare Part Palsu Terus Mengintai Pengendara Bermotor

Untuk kubikasi mesin, motor versi baru memiliki kapasitas penampungan bahan bakar yang lebih besar dari versi lama. Motor lama memiliki kapasitas 108.2 CC, sedangkan motor versi baru berkapasitas 109.5 CC, memang selisihnya tidak berbeda jauh. Meski peningkatannya hanya sebesar 1.3 CC, motor ini berhasil merajai motor entry level untuk kapasitas 110 CC.

  1. Kompresi Mesin

Motor versi lama memiliki kompresi mesin dengan rasio 9.5:1, sedangkan untuk versi baru dengan bore x stroke sebesar 47 x 63.1 mm, atau bisa dibilang overstroke. Motor versi baru mengalami peningkatan kompresi mesin, yaitu menjadi 10.0:1. Dengan kompresi mesin tersebut, Beat versi baru akan cocok dengan bahan bakar RON 90 atau RON 92.

  1. Kapasitas Oli

Untuk kapasitas oli motor versi lama, memerlukan pelumas sekitar 0.7 liter sehingga biaya perawatannya masih terbilang murah. Sedangkan untuk motor versi baru, Honda menjadikannya lebih kecil lagi sehingga hanya memerlukan pelumas sebanyak 0.65 liter saja. Kapasitas oli yang berkurang tersebut, tentu akan menjadikan bobot motor ini menjadi lebih ringan.

  1. Tipe Rangka
Baca Juga  Perbandingan Teknologi Motor Vario 2021

Motor versi baru memiliki rangka yang sama dengan Honda Genio, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Tipe rangka ini membuat bobot motor versi baru menjadi lebih ringan, sehingga bisa melaju lebih gesit saat dikendarai.

Tipe rangka milik Honda Genio memang didesain untuk menjadi ringan, prosesnya melalui sistem press dan menggunakan laser welding. Struktur rangka ini dibuat untuk menjaga stabilitas handling, sehingga motornya menjadi lebih ringan untuk dikendarai.

  1. Tangki Bensin

Memiliki tipe rangka eSAF, membuat motor versi baru ini memiliki lebih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan. Kapasitas tangki bensinnya mengalami sedikit peningkatan dari motor versi lama. Untuk motor versi baru kapasitasnya yaitu 4.2 liter, sementara motor versi lama kapasitasnya hanya 4 liter saja.

  1. Speedometer

Untuk bagian speedometer, motor versi baru cukup mengalami peningkatan layout dari versi sebelumnya. Motor Beat baru memiliki lampu indikator di bagian atasnya, sementara motor versi lama tidak memilikinya.

Adapun latar analog sebagai penunjuk kecepatan, dengan layar digital berukuran kecil untuk menunjukan kapasitas bensin. Layar digital tersebut berlatar biru, sedangkan untuk motor versi lama memiliki layar berwarna oranye.

  1. Pelek Baru
Baca Juga  Segera Dapatkan Promo Gift Honda CBR150R dengan Persyaratan yang Mudah

Motor versi lama dan baru sama-sama memiliki pelek berukuran 14 inci, hanya saja jenis peleknya berbeda. Motor versi baru menggunakan jenis pelek yang sama dengan saudaranya, yaitu Honda Genio.

  1. Fitur Charger

All New Honda Beat tipe CBS-ISS dan Deluxe memiliki fitur power outlet, yang berfungsi untuk mengisi daya ponsel. Port charger ini dilengkapi dengan penutup, sehingga dapat terlihat lebih rapi dan aman. Sementara untuk motor versi lama belum memiliki fitur pengisi daya ponsel.

Jika Anda tertarik untuk membeli motor Beat versi lama maupun baru, Anda bisa langsung mengunjungi Nambo Motor melalui website www.nambomotor.com. Tersedia banyak varian motor Honda lengkap dengan harga terbaik.

Open chat
1
Selamat datang di Nambo Motor!

Jika Anda Membutuhkan Informasi Mengenai Kredit Motor Honda Yang Mudah dan Cepat , Silahkan Balas Pesan Ini. Kami Sedang Online dan Siap Membantu Anda.