Kekurangan dan Kelebihan New Honda CB150R

Kekurangan dan Kelebihan New Honda CB150R

New Honda CB150R (selanjutnya disingkat CB) adalah sepeda motor bertipe sport yang merupakan sepeda motor yang diproduksi oleh Astra Honda Motor (AHM). Honda CB 150 pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2015 lalu menggantikan motor CB150R generasi sebelumnya berkode K18.

Padahal, Honda CB150R merupakan jawaban dari AHM untuk menghadapi pemimpin pasar sport 150cc yang dipegang oleh Yamaha Vixion. CBR membawa pembaruan yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya (K18). Honda CB 150 R ini memiliki mesin yang baru dan memiliki tampilan baru.

Di kelasnya, Honda CB 150 R memiliki saingan yaitu New Vixion Advance atau New Vixion Lightning dan new Suzuki GSX-S yang diluncurkan awal tahun 2017 lalu.

Desain, Fitur, dan Ergonomi New Honda CB150R

Motor keluaran Honda ini benar benar beda dari generas sebelumnya. Desain New Cb150r membesar secara keseluruhan. Desain depannya menggunakan lampu lancip tajam dengan diameter kecil.

Bentuk tangki juga diperbesar dari generasi sebelumnya yang berkapasitas 12 liter, kali ini Honda memasang tombol pengunci di depan tangki seperti Yamaha New Vixion. Bentuk shroud di bagian samping tangki depan menambah kesan kekar pada CB150r baru, ditambah tutup tangki model cover datar khas motor sport, tidak lagi mengadopsi model tradisional seperti Honda lawas. sepeda motor.

Garis desain meruncing ke belakang hingga stop lamp yang mirip dengan stop lamp Honda tiger revolution namun dengan dimensi yang diperkecil, lampu sein tidak lagi berbentuk prisma besar, melainkan sudah di berbentuk kotak persegi dengan ujung membulat.

Fitur New Honda CB150R canggih di kelasnya, lampu depan full led, baik depan maupun belakang hingga sinkronisasi sudah mengadopsi LED, namun yang patut disayangkan headlamp depan kurang fleksibel karena jika motor dipakai bersama. , lampu depan akan naik seperti cahaya redup (jauh) . Speedometernya juga sudah menganut model full digital model kotak persegi, tapi sayang diameternya kecil.

Baca Juga  Kredit Motor Honda DP Ringan Jakarta Dan Tangerang

Bukan hanya soal tampilan saja, namun rangka yang digunakan pada all new cb150r ini benar-benar baru, masih menganut model teralis namun dibuat lebih kaku dengan pengaplikasian rangka aluminium front engine mount. Pada versi edisi khusus, bingkai terlihat serasi dengan aksen merah cerah, sedangkan versi standar masih dicat hitam.

Kaki-kaki juga diperbesar dibandingkan generasi sebelumnya, dengan mengadopsi velg depan berukuran lebar 250 dengan ban 100/80 dan ban 350 inci 130/70 pada roda belakang, model baru ini tidak lagi palang 5 seperti sebelumnya tetapi menganut Y-berbicara.

Ergonomis CB 150R relatif santai khas motor streetfighter, namun posisi setang sedikit diturunkan dan sedikit lebar, tetap nyaman namun tidak sesantai CB lama.

Secara keseluruhan tampilan tidak masalah, bahkan sebagian besar biker sudah mulai menyukai desain kokoh cb150r ini.

New Honda CB150R

Mesin, Performa, dan Konsumsi Bahan Bakar

Beralih ke sektor dapur pacu, kapasitasnya masih 150 cc dengan teknologi DOHC, namun berbeda dengan Honda DOHC generasi sebelumnya, mesin DOHC Honda generasi terbaru ini mengadopsi model mesin persegi dengan konfigurasi borexstroke 57.3mmx57.8mm plus RRA ( lengan ayun rol).

Artinya Honda memperkecil diameter piston tapi memperbesar stroke size, dengan pola mesin ini, Honda berharap karakter mesin DOHC baru ini bisa senyaman Vixion di putaran bawah dan menengah. Tenaga yang dihasilkan meningkat dari versi sebelumnya, yakni 16,9 PS pada 9000 RPM sedangkan torsi yang dihasilkan 13,8 NM pada 7000 RPM.

Kesan dan performa mesin cb150r terasa lebih baik dari cb150r lawas, akselerasi atau putaran bawah lebih halus, ditambah dentuman torsi lebih terasa, padahal dimensi dan bobot CB lebih berat dibanding cb150r lawas.

Baca Juga  Tips Membeli Motor Verza CB 150 dan CBR Baru Anti Rugi

Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih irit, meski throttle body masih berukuran 30mm, namun ternyata konfigurasi dohc square plus RRA memberikan kontribusi terbesar. Bagaimana tidak untuk akselerasi dan memancing tenaga maksimal, tidak perlu memutar grip gas lebih dalam karena tenaga puncaknya ada di 9000 rpm, lebih rendah dari CB lama yang ada di 10500/11000 RPM.

Tak hanya itu, torsi 13,8 NM sudah didapatkan pada 7000 RPM yang membuatnya tidak perlu berakselerasi ke putaran mesin tinggi, imbasnya pasti lebih hemat bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar CB150r irit untuk ukuran sport 1 liter, bisa mencapai 45-50 km, jauh lebih irit dibanding CB lama yang hanya berkisar 35-39 km per liternya.

Maka, ambisi Honda dengan DOHC Square bermesin RRA terbukti sukses mengakselerasi performa nvl/nva ternama di putaran bawah hingga menengah.

Kelemahan dan Masalah

Namun mesin bukan tanpa kelemahan, dengan konfigurasi persegi ditambah penggunaan rocker arm sebagai perantara noken dengan klep, membuat putaran mesin tidak setinggi mesin sebelumnya yakni overbore DOHC. Bisa dirasakan putaran atas cb150r cenderung datar dan pasti tidak ada keanehan overbore yang eksplosif di putaran atas.

Tidak sampai disitu saja, kalau di dohc overbore di k18 ada masalah klotok2, sumber masalahnya ada di camshaft, di dohc square juga ada suara klotok2, tapi sumber masalahnya kali ini adalah bukan pada camshaft, tetapi pada LAT yang lemah (lifter assy tensioner). nafsu.

LAT CB150r lemah sehingga tidak bisa mengimbangi beban kerja rantai keteng, tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan tensioner suprax 125/charisma yang lebih kuat, tidak usah repot juga ada solusinya yaitu klaim garansi .

Baca Juga  Honda Scoopy, Si Klasik yang Nyaman Dikendarai Sehari-hari

Tidak hanya itu, cb150r juga dikabarkan mengalami masalah pada kampas kopling yang cepat gosong/hangus, masalah ini disebabkan oleh rumah kopling yang terseret. Solusinya? dapat dibubut di dalam rumah kopling.

Tak hanya masalah mesin, CB juga mengalami masalah baru, sepele memang tapi cukup mengurangi kenyamanan berkendara. Apa itu ? rantai cepat kendor plus berisik, masalah ini lebih ke kualitas gear set yang kurang bagus, solusinya bisa diganti dengan produk aftermarket.

Harga dan Nilai Jual Kembali

Dengan segala perubahan upgrade dibandingkan sebelumnya, tentunya harga cb150r naik, harga cb150r baru di harga 26 juta rupiah untuk versi standar, dan 27,4 untuk versi edisi khusus.

Nilai jual kembali atau harga jual cb150r juga lebih baik dari cb150r lama, hal ini karena sebagian besar bikers menikmati cbr, sehingga di pasar mokas, supply and demand tetap terjaga yang membuat harga pasar kedua bagus (tinggi), harga yang digunakan adalah dalam angka. Harganya dari 18,5 sampai 22 juta tentunya tergantung tahun, dan kondisi ditambah daerah karena pajak di tiap daerah berbeda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan CB150r jauh lebih baik dari cb lama, performa agresif, tampilan bengis dan agresif, plus fitur seperti lampu full led. Konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit, tapi meski begitu, masalah kecil seperti klotok2, rantai cengdor dan kebisingan mengurangi kenyamanan, meski bukan masalah besar dan ada solusinya.

Open chat
1
Selamat datang di Nambo Motor!

Jika Anda Membutuhkan Informasi Mengenai Kredit Motor Honda Yang Mudah dan Cepat , Silahkan Balas Pesan Ini. Kami Sedang Online dan Siap Membantu Anda.