Mengenal Skutik Hybrid Terbaru, Honda PCX e:HEV

Mengenal Skutik Hybrid Terbaru, Honda PCX e:HEV

Pabrikan motor Honda Jepang belum lama ini memperkenalkan sejumlah produk terbaru, salah satunya adalah Honda PCX Hybrid atau PCX e: HEV. Skutik hybrid ini hadir dengan beberapa ubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh Honda PCX e: HEV ini dan berapa harganya?

Secara desain, PCX Hybrid kini memiliki tampilan yang mirip dengan PCX 160 dan PCX 125. Namun, terdapat sejumlah detail perbedaan, seperti pada pilihan warna serta emblemnya. Kabarnya, desain emblem e: HEV motor ini terinspirasi dari kendaraan roda empat Honda.

Honda PCX e:HEV

Di segi akomodasi, skutik ini memiliki bagasi yang mampu menampung sebuah helm model full-face. Sementara itu, tangki bahan bakarnya mampu menampung sebanyak 8,1 liter. Nah, bagaimana dengan performanya?

Honda PCX e: HEV mengandalkan mesin bakar 124 cc berkode JK06E-K1N, silinder tunggal, 4-Tak, berpendingin cairan serta dipadu dengan motor listrik AC yang ditenagai baterai lithium-ion. Tenaga yang dihasilkan dari mesin bakarnya sebesar 12,5 PS pada 8.750 rpm dan torsi 12 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan, tenaga dari motor listriknya menghasilkan 1,9 PS pada 3.000 rpm dan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm.

Di segi fitur, skutik hybrid ini dilengkapi dengan dua mode berkendara, yakni D untuk pengendaraan normal dan S untuk pengendara yang menginginkan performa lebih. Honda PCX e: HEV hadir hanya dalam warna Pearl Jasmine White saja dan dibanderol sebesar 43 jutaan.

Spesifikasi Honda PCX e:HEV

  • Tipe Mesin: 4 Langkah, 4 Valve, ESP+
  • Pola Oper Gigi: 1-N-2-3-4
  • Tipe Starter: Elektrik
  • Diameter x Langkah: 60 x 55.5 mm
  • Sistem Supply Bahan Bakar: PGM-FI
  • Sistem Pengereman: Cakram, Anti-Lock Braking System
  • Kapasitas Tangki: 8.1 L
  • Kapasitas Oli: 0.8 L
  • Daya maksimum: 11,8 KW/8.500 Rpm. 1,4 KW/3.000 Rpm
  • Torsi Maksimum: 14,7 Nm/6.500 Rpm. 4,3 Nm/3.000 Rpm

Sebagai sebuah motor hybrid membuat motor ini menggunakan dua sumber tenaga yaitu menggunakan sumber bahan bakar minyak dan juga sumber dari baterai Lithium – Ion. Dengan menggunakan dua sumber tenaga membuat kalian tidak terlalu tergantung dengan salah satu sumber tenaga saja.

Baca Juga  Mau Beli Honda Scoopy? Simak Reviewnya Berikut Ini

Sama halnya dengan PCX 160 yang mengandalkan kapasitas 156,9 cc dengan empat langkah dan empat katup serta eSP+. yang membuat mekanis ini bisa mengeluarkan torsi puncak hingga 14,7 Nm pada 6,500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8,500 rpm.

Ditambah lagi dengan motor assist dengan sumber tenaga dari baterai Lithium – Ion yang dapat memberi tambahan torsi 4,3 Nm pada 3,000 rpm dan tenaga 1,9 PS pada 3,000 rpm. Dengan kombinasi keduanya membuat kalian bisa merasakan performa mesin motor yang menakjubkan.

Fitur Riding Mode

Buat kalian yang suka melakukan touring dengan menggunakan motor besar pastinya sudah tidak asing dengan fitur Riding Mode ini karena fitur yang satu ini memang banyak ditemukan pada motor – motor gede. Fitur ini sendiri memang dimaksudkan agar pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan si pengendara.

Mode seperti apa? Ada dua mode yang ditawarkan oleh Honda PCX e:HEV yaitu Normal dan juga Sport. Kalau kalian melakukan touring dan mengharapkan performa terbaik dari kendaraan kalian maka kalian bisa menggunakan fitur Sport, dengan fitur ini kalian bisa berkendara dengan nyaman terutama jika kalian memang berkendara untuk jarak yang cukup jauh.

Bagi kalian yang hanya ingin berkendara santai di dalam kota sebaiknya menggunakan mode atau fitur normal saja karena kalian tidak memerlukan Honda PCX e: HEV kalian untuk mengeluarkan performa terbaiknya.

Selain itu juga Honda PCX e:HEV sudah menggunakan fitur seperti yang dimiliki oleh saudaranya yang menggunakan berbahan bakar minyak PCX 160. Honda PCX e:HEV dilengkapi dengan fitur ABS atau Anti Lock Braking system yang membuat motor kalian tidak akan tiba – tiba terkunci ketika kalian melakukan pengereman mendadak dalam keadaan darurat.

Baca Juga  Honda Genio, Skuter Matik Stylish yang Kekinian

Tidak lupa dengan HSTC atau Honda Selectable Torque Control atau kendali traksi. Rem dengan piringan cakram juga sudah menemani dua ban motor hybrid ini mau itu ban depan ataupun ban belakang.

Untuk masalah kapasitas penyimpanan Honda PCX e:HEV memiliki bagasi di bawah jok seluas Yamaha Nmax 155 yang dimana cukup luas yang dalam menyimpan barang hingga 24 liter. Helm full face kesayangan kalian beserta dengan perlengkapan kendaraan kalian dan juga jas hujan akan muat dalam bagasi motor Honda PCX e:HEV ini.

Desain Yang Berbeda

Banyak yang mengatakan kalau Honda PCX e:HEV memiliki desain yang mirip dengan PCX 160, memang kalau dilihat sekilas kedua motor ini memang memiliki vibe yang sama. Tetapi kala dilihat kembali dengan baik kedua motor ini sebenarnya memiliki desain yang berbeda.

Yang paling mencolok sudah pasti ciri khas dengan cat yang didominasi dengan warna putih tetapi untuk bagian bodi bawah mendapat sedikit sentuhan warna biru. Kelir ini juga hadir di lampu sebagai pembeda dengan PCX 160.

Jadi ketika kalian membawa atau mengendarai motor ini orang yang berada di jalan akan langsung menyadari motor apa yang kalian kendarai dan hal itu membuat kalian akan merasakan sedikit kebanggaan.

Jadi itulah kelebihan yang ditawarkan oleh Honda PCX e:Hev, motor hybrid satu – satunya yang bisa kalian temukan di pasaran Indonesia milik Honda. Jika kalian tertarik langsung saja menuju ke dealer atau showroom – showroom terdekat.

Beberapa fitur lain yang ada pada Honda PCX Hybrid seperti USB charger type A, Honda Smart Key lengkap dengan alarm dan answer back system, Ditunjang fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) sehingga e:HEV, skutik ini memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan licin.

Baca Juga  Review Honda ADV 160 2022

Penggunaan rangka Honda PCX e-HEV juga strukturnya dibuat jadi lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi. Akan tetapi, ubahan ini justru memberikan peningkatan kapasitas bagasi PCX e:HEV menjadi 24 liter.

Perubahan juga terdapat pada ruang kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

Untuk kaki-kaki agar aman dan nyaman, Honda PCX e-HEV menggunakan ban tubeless tapak lebar, dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13 melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke. Untuk memberikan keselamatan dilengkapi pula fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS).

Performa Mesin Mantap Honda PCX e:HEV

Kelebihan Honda PCX e:HEV yang pertama adalah performa mesinnya mantap. Bagaimana tidak? Motor ini memiliki dua sumber tenaga: bahan bakar bensin dan baterai lithium-ion.

Mesin bensinnya serupa dengan PCX 160, mengandalkan kapasitas 156,9 cc, empat langkah, empat katup, dan eSP+. Jantung mekanis ini bisa melontarkan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm.

Lalu yang membuatnya istimewa, ada tambahan motor assist dengan sumber tenaga dari baterai lithium ion. Komponen itu bisa memberi tambahan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm dan tenaga 1,9 PS pada 3.000 rpm.

Kombinasi keduanya mampu memberikan dorongan instan ke akselerasi Honda PCX e:HEV. Pengendara bisa merasa kehebatan performa ini ketika putar selongsong gas. Motor bakal melaju cepat seketika.

 

Open chat
1
Selamat datang di Nambo Motor!

Jika Anda Membutuhkan Informasi Mengenai Kredit Motor Honda Yang Mudah dan Cepat , Silahkan Balas Pesan Ini. Kami Sedang Online dan Siap Membantu Anda.