Tips Mengatasi Motor Kena Banjir

Tips Mengatasi Motor Kena Banjir

Musim hujan sudah datang, ada baiknya kita waspada dengan bencana banjir. Di artikel ini akan membahas beberapa tips mengatasi motor kena banjir. Diharapkan tips ini akan berguna bagi Anda, terutama bagi Anda pengguna kendaraan bermotor yang tinggal di area rawan banjir.

Perayaan Tahun Baru 2020 disambut dengan hadiah banjir di wilayah sekitaran Jabodetabek. Awal tahun seharusnya diwarnai dengan perayaan disertai kebahagiaan menyambut datangnya tahun yang baru. Namun beda halnya dengan tahun baru 2020 ini, bukan perayaan yang ada melainkan hujan yang turun deras tanpa henti dari malam tahun baru hingga pagi. Maka tidak heran berita kisaran area Jabodetabek dipenuhi dengan berita-berita banjir yang mewarnai area itu.

Dampak banjir di awal tahun ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena area yang belum pernah terkena banjir pun juga mengalaminya. Jalan-jalan utama pun juga tidak luput dari bencana banjir awal tahun 2020 ini. Media-media sosial, berita di televisi maupun radio dipenuhi dengan kondisi terkini dari keadaan Jabodetabek setelah dilanda banjir.

Bagi Anda pengendara kendaraan bermotor, terutama motor, ada baiknya menyimak ulasan di bawah mengenai tips mengatasi motor kena banjir agar tidak mogok. Mari simak tips nya satu per satu.

  • Cek busi

Salah satu tips mengatasi motor kena banjir yang utama adalah jangan langsung menyalakan mesin motor, namun cek busi terlebih dulu. Jika busi terendam air, maka sistem pengapian juga tidak akan berfungsi dan motor tidak bisa menyala.

Sebaiknya Anda bersihkan dan keringkan busi hingga benar-benar kering, bahkan hingga ke lubang businya. Namun sebelumnya, pastikan pancal starter engkol dalam keadaan mati agar dengan begitu akan terbantu dengan dorongan udara dari dalam mesin ke lubang besi. Buat Anda pengguna motor bebek dan sport, maka Anda tentu berlega hati karena letak busi lebih terjangkau dibanding motor jenis matic.

  • Cek saringan udara

Saluran udara motor apabila motor terendam air biasanya akan mengeluarkan bunyi jika dipaksa menyalakan motor. Jadi Anda harus membersihkannya dengan cara menutup kran saluran bensin dari bagian tangki bahan bakar ke dalam karburator. Setelah itu kuras air di dalamnya, barulah jika sudah kering, Anda bisa menggunakannya kembali.

  • Cek knalpot

Apabila Anda memakai motor Anda menembus banjir, maka bisa dipastikan air akan masuk ke dalam knalpot motor Anda. Jika knalpot terendam air, maka knalpot tidak bisa membuang gas sisa pembakaran mesin.

Maka kuncinya agar tidak mogok, buanglah air yang masuk ke knalpot itu dengan memposisikan motor di standar dua, atur agar bagian belakang lebih rendah dari bagian depan motor, jadi air dalam knalpot bisa mengalir keluar. Setelah semua air dikeluarkan, jangan lupa olesi oli ke lubang knalpot agar tidak karatan

  • Cek oli motor

Jika motor terendam air, maka air biasanya merembes  ke mesin dan tercampur oli. Kondisi performa mesin bisa menurun jika hal itu terjadi, jadi biar Anda lebih tenang dan mesin motor lebih awet sebaiknya ganti oli dengan yang baru.

  • Cek kelistrikan

Lakukan pengecekan kelistrikan motor Anda, dan waspada jika menemukan kabel yang lecet agar terhindar dari korsleting. Jika Anda rasa perlu untuk membongkar bagian motor, dan Anda bisa merakitnya kembali, maka bongkar bagian mesin dan jemur bagian-bagian yang basah.

  • Panaskan motor

Jika semua tips mengatasi motor kena banjir di atas sudah Anda lakukan, maka kini saatnya menyalakan motor Anda. Akan tetapi ada baiknya Anda jangan memakai electric starter ya, tapi starter kaki saja.

Lalu coba mengulanginya jika motor tidak menyala di awal. Setelah mesin motor menyala, biarkan menyala hingga 3-5 menit agar mesin motor Anda panas dan siap digunakan kembali.

Demikianlah beberapa tips mengatasi motor kena banjir yang diharapkan berguna bagi Anda. Untuk Anda yang berkendaraan motor dan terkena banjir, jika Anda berada di sekitar Nambo Motor, ada kabar baik karena Nambo Motor menyediakan layanan jemput gratis, serta potongan 10% untuk jasa servis. Info lebih lanjut segera hubungi Customer Care Nambo Motor di 0815-8504-0104.

Customer Care Dealer Resmi Honda Nambo Motor Tangerang