Tips Meningkatkan Performa Honda PCX

Tips Meningkatkan Performa Honda PCX

PCX merupakan produk keluaran Honda yang didesain sebagai motor matic kelas premium. PCX disebut-sebut sebagai pesaing dari produk motor matic keluaran rival-nya. Honda PCX 160 memiliki dua tipe yakni CBS yang dibanderol seharga Rp30,35 juta dan ABS seharga Rp33,950 juta.

Kelebihan Motor Honda PCX

Selain desain motor yang mewah, Honda PCX juga dilengkapi dengan fitur-fitur premium, salah satunya yakni lampu depan yang berbentuk dinamis dan dibekali dengan teknologi LED. Hal tersebut membuat pencahayaan lampu depan PCX dapat maksimal saat digunakan di malam hari.

  1. Desain Oke

Selanjutnya, PCX juga memiliki posisi mengemudi yang sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. PCX juga dirancang dengan body samping yang cukup simple, sementara bagian joknya sangat nyaman saat diduduki selama berkendara.

  1. Mesin Motor Tangguh

Untuk urusan mesin, motor PCX ditenagai dengan mesin yang tangguh nan powerful.  Dapur pacu Honda PCX disenjatai mesin 4-Langkah, SOHC, eSP berpendingin cair dan memiliki kapasitas mesin 153 cc.

  1. Fitur Premium Honda PCX
Baca Juga  Teknologi Motor Honda CBR150R 2021, Spesifikasi, hingga Harga Lengkapnya!

Beberapa fitur premium yang menyertai motor Honda PCX di antaranya ialah Answer Back System yang memudahkan Anda untuk menemukan motor Anda saat berada di parkiran. Ada pula fitur anti maling yang dilengkapi dengan power charger, selain itu speedometer PCX juga tersedia dalam mode analog dan digital.

Kekurangan Motor Honda PCX

  1. Harga dianggap lebih mahal jika dibandingkan dengan rivalnya
  2. Handling motor kurang gesit
  3. Pengereman kurang maksimal
  4. Konsumsi BBM cukup besar

Bagaimana Tips untuk Meningkatkan Performa Honda PCX?

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk meng-upgrade performa motor PCX milik Anda. Tentunya tips-tips untuk meningkatkan performa harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Mengganti beberapa part seperti CEV ternyata bisa meningkatkan performa PCX.

Anda bisa mengganti bagian pulley atau tempat roller dan Anda bisa menggunakan bagian dari part motor lain yang berpotensi membuat v-belt naik sehingga dapat menambah top speed motor Honda PCX milik Anda.

Anda juga bisa tetap menggunakan pulley yang sudah disediakan dari pabrik karena dianggap memiliki kemiringan yang sudah bagus untuk penggunaan sehari-hari,  namun bisa mengganti roller dengan yang lebih ringan. Setelah mengganti pulley, Anda juga bisa sekalian mengganti bagian ramp plate dan piece side sekaligus.

Baca Juga  Honda Vario: Macam dan Spesifikasinya

Tips Merawat Honda PCX Supaya Tetap Prima

Memiliki motor matic premium seperti Honda PCX tentu membuat Anda ingin mendapatkan performa maksimal dari tunggangan Anda tersebut. Oleh karena itu, Anda harus rajin untuk merawatnya agar performa tetap prima dan tejaga. Beberapa tips ini bisa dilakukan untuk menjaga performa mantap Honda PCX milik Anda.

  1. Panaskan Motor Setiap Pagi

Seperti motor-motor matic lainnya, Anda juga sebaiknya rajin untuk memanaskan mesin motor PCX Anda setiap pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas. Anda bisa memanaskan motor PCX Anda dengan menggunakan mode idle selama kurang lebih 3-5 menit. Hal tersebut dilakukan agar oli merata ke semua komponen dan motor akan dalam kondisi maksimal saat dibawa untuk berkendara.

  1. Ganti Oli secara Berkala

Rutin mengganti oli menjadi hal yang krusial untuk setiap motor matic injeksi, termasuk Honda PCX. Anda harus mengganti oli transmisi secara berkala, setidaknya setiap 1000 km dan pada oli transmisi maksimal saat mencapai 5000 km.

Baca Juga  Menengok Perjalanan Honda PCX dari Tahun ke Tahun

Jika lupa dengan acuan kilometer di motor Honda PCX, Anda bisa melakukan pergantian oli setiap dua hingga tiga bulan sekali. Jangan lupa memilih oli yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan mesin motor Honda PCX Anda.

  1. Kecepatan Gas Stabil

Saat mengendarai motor Honda PCX Anda usahakan agar terus menstabilkan kecepatan gas. Kebiasaan buruk menggeber atau gas throttle terlalu cepat dalam waktu singkat atau melepas putana gas dengan cepat harus dihilangkan. Jika dilakukan secara terus-menerus maka hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya sebagian komponen mesin di motor PCX Anda.

*Abi

Open chat
1
Selamat datang di Nambo Motor!

Jika Anda Membutuhkan Informasi Mengenai Kredit Motor Honda Yang Mudah dan Cepat , Silahkan Balas Pesan Ini. Kami Sedang Online dan Siap Membantu Anda.