Tips Merawat Sepeda Motor Untuk Penggunaan Sehari-Hari

Tips Merawat Sepeda Motor Untuk Penggunaan Sehari-Hari

Untuk sepeda motor, sedikit perawatan sendiri dapat menghemat uang dan membantu Anda tetap aman—dan juga memberdayakan Anda. Berikut adalah kiat-kiat terbaik dari Ahli untuk menguasai perawatan sepeda motor Anda sendiri.

Dalam praktiknya, persyaratan masing-masing tugas ini dapat bervariasi tergantung pada sepeda Anda. Konsultasikan manual pemilik Anda sebelum mulai mendidik diri sendiri tentang hal-hal seperti lokasi filter dan colokan, dan bagian mana yang harus Anda lepaskan untuk mengaksesnya; jumlah dan jenis yang tepat dari berbagai cairan, dan interval untuk mengubahnya; dan spesifikasi torsi untuk memasang kembali mur dan baut ke kekencangan yang tepat. Untuk sepeda yang tidak memiliki penyangga tengah, gunakan perangkat penyangga belakang untuk memposisikannya tegak.

  1. Ganti Oli

Agar mesin Anda tetap berjalan dengan baik, Anda harus mengganti oli setelah beberapa ribu mil—periksa manual pemilik untuk mengetahui seberapa sering. Untuk memulai, Anda akan ingin mengendarai sepeda selama sekitar lima menit hanya untuk menghangatkannya. “Ini menurunkan viskositas oli sehingga lebih mudah mengalir. Dengan mesin mati dan sepeda berdiri tegak, lepaskan sumbat pembuangan serta sumbat pengisian oli, biarkan oli mengalir ke panci pembuangan. (Anda mungkin perlu melepas beberapa fairing untuk mencapai sumbat pembuangan.)

Juga, keluarkan filter oli. (Peringatan: Proses ini bisa berantakan! Coba tutup bagian mesin dan/atau knalpot dengan aluminium foil untuk melindungi dari tetesan.) Setelah oli terkuras, pasang filter oli baru, pasang kembali bagian yang telah dilepas, dan isi ulang menggunakan corong dan jumlah serta jenis oli sepeda motor yang tepat, seperti yang ditentukan dalam manual pemilik. Ganti tutup pengisian oli. Daur ulang oli bekas di toko sepeda atau fasilitas kota.

  1. Ganti Filter Udara

Jika filter udara sepeda motor Anda—yang menahan kotoran dari mesin Anda—tersumbat dan kotor, performa sepeda Anda akan terganggu. Mengganti filter udara tidak selalu merupakan tugas yang sulit, tetapi bisa memakan waktu lama. Terkadang filter udara mudah diakses, tetapi Anda mungkin harus melepas tangki bensin dan bagian lain untuk mendapatkannya. Setelah Anda masuk ke kotak udara, keluarkan dan ganti filter udara. Kemudian instal ulang apa pun yang Anda hapus.

  1. Menjaga Tekanan Ban Dan Tapak

Untuk memeriksa tekanan ban, temukan batang katup di bagian dalam roda, lepaskan tutupnya, dan tekan pengukur tekanan udara ke batang katup. Bandingkan tekanannya dengan yang seharusnya—informasi itu akan tertulis di dinding samping ban. Gunakan kompresor udara (tersedia di banyak pompa bensin) untuk mengisi ban dengan jumlah pound per inci persegi (PSI) yang benar.

Keluarkan udara jika Anda terlalu mengembang. Ganti tutup batang katup setelah selesai. Untuk melihat kinerja tapak Anda, periksa indikator keausan ban—kenop karet kecil yang berada di lekukan ban. Jika kenop berada pada tingkat yang sama dengan karet yang memenuhi jalan, saatnya untuk mengganti ban — pekerjaan untuk mekanik profesional.

  1. Ganti Pendingin
Baca Juga  Cara Memilih Motor Matic Series Sesuai Kebutuhan

Saat tiba waktunya untuk mengganti cairan pendingin—yang mencegah mesin Anda dari panas berlebih atau membeku atau terkorosi—lepaskan semua bodi yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke baut pembuangan cairan pendingin, lalu letakkan panci pembuangan di bawah mesin dan lepaskan bautnya. Untuk memastikan semuanya terkuras, lepaskan tutup radiator.

Setelah proses selesai, pasang kembali baut pembuangan. Gunakan corong untuk mengisi ulang sistem dengan jumlah cairan pendingin yang sesuai. Pasang kembali tutup radiator dan pasang kembali bodywork yang telah Anda lepaskan. Nyalakan mesin dan biarkan memanas selama beberapa menit sebelum mematikan kunci kontak. Setelah mesin dingin, lepaskan tutup radiator dan periksa ketinggian cairan pendingin. Tambahkan lebih banyak cairan pendingin, jika perlu, untuk mencapai jumlah yang ditentukan dalam manual pemilik.

  1. Jaga Rantai Bersih atau Van Belt untuk Motor Matic

Tidak ada yang lebih menyebalkan selain rantai atau van belt yang putus di jalan bagi para pengendara motor. Oleh karena itu, perawatan sistem penggerak ini harus dilakukan dengan baik dan juga secara rutin.

Nah, di sini kita akan membedakan sistem manual dan matic dan melihat gejala-gejala yang menandakan bahwa bagian rantai atau belt dari motor Anda harus diservis.

Motor Manual

Untuk motor manual, sistem penggerak adalah rantai yang memutar roda bagian belakang dengan menggunakan rantai penghubung dan juga gear. Ada dua gear yang berperan di sini. Pertama, gear yang berada di bagian transimisi, yakni di tengah. Kedua adalah gear di roda belakang. Nah, gear kedua inilah yang sering menjadi korban bila rantai Anda tidak dirawat. Gear di bagian roda belakang akan mudah menjadi aus (hilang geriginya). Bila ini sudah terjadi, maka rantai Anda akan mudah sekali lepas di perjalanan.

Gejala yang menunjukkan bahwa gear Anda mulai habis adalah adanya suara kasar saat motor akan dijalankan serta pergerakan yang  terhentak dan tersendat-sendat. Ini menandakan bahwa gear di motor Anda sudah mulai aus. Nah, jika ini sudah terjadi, maka mau tidak mau Anda harus mengganti gear set, yakni gear belakang, rantai, dan juga gear depan secara bersamaan.

Sebelum ini terjadi, sangat direkomendasikan untuk selalu melumasi rantai Anda dengan menggunakan cairan khusus pelumas rantai. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan oli untuk sementara waktu. Selalu perhatikan kondisi rantai dan jangan biarkan rantai Anda kering bahkan kotor.

Baca Juga  Honda ADV 150, Motor Matik Bergaya Adventure

Motor Matic

Untuk motor matic, kondisinya sedikit berbeda. Matic menggunakan sistem CVT, artinya, hubungan antara mesin di tengah dan roda belakang adalah menggunakan van belt. Nah, cara perawatannya pun berbeda. Van belt tidak perlu dilumasi. Justru Anda harus memastikan belt dalam keadaan kering dan bersih. Jika terus menerus dalam keadaan kotor, maka belt bisa slip dan bahkan putus.

Kebanyakan rantai saat ini adalah rantai O-ring. Mereka membutuhkan lebih sedikit pembersihan daripada rantai yang tidak disegel gaya lama. Anda akan ingin membersihkan rantai saat menjadi sangat kotor, atau pada jarak tempuh yang direkomendasikan oleh manual pemilik Anda. Saat Anda melakukannya, tinggikan roda belakang sepeda Anda dan letakkan transmisi di posisi netral, sehingga memungkinkan pergerakan rantai dengan mudah.

Gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan pasir dan kotoran dari rantai. Untuk melumasi rantai, putar roda belakang saat Anda mengoleskan pelumas rantai yang diformulasikan secara khusus. Tujuannya adalah untuk melapisi rantai secara merata, agar pelumas menembus melewati cincin-O, ke dalam sambungan.. Biarkan rantai selama lima menit, lalu bersihkan sisa pelumas dengan handuk kertas.

Nah, untuk motor matic, perawatan area van belt juga sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa membuka penutup van belt dan menyemprotkan cairan pembersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang bisa membuat van belt menjadi mudah putus sewaktu-waktu.

Perawatan Sepeda Motor Honda Di Nambo Motor

Bagi pengguna Honda, perawatan bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri. Honda dikenal sebagai sepeda motor dengan perawatan yang sangat mudah, seperti akses ke berbagai bagian motor yang mudah dan juga part yang dapat dibeli hampir dimana saja.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan perbaikan di Honda Nambo Motor. Di sini, Anda akan mendapatkan berbagai pelayanan yang akan membuat sepeda motor Honda Anda menjadi prima dan siap untuk digunakan untuk keperluan apa saja.

Selain servis yang memuaskan dan menyeluruh, Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik. Berikut adalah beberapa promo yang saat ini bisa Anda manfaatkan di Nambo Motor.

  1. Promo Servis Bareng Bestie

Di promo ini, Anda bisa mendapatkan layanan gratis oli jika Anda membawa dua motor. Ini cukup menarik bagi Anda yang punya teman sesame pengguna motor Honda. Daripada servis sendirian, lebih baik servis bareng teman.

Promo ini sudah berjalan selama beberapa hari dan sudah dimanfaatkan oleh banyak pengguna motor Honda terutama mahasiswa agar lebih ramah di kantong.

Baca Juga  Rasakan Sensasi Promo Motor Murah di Nambo Motor Dealer!

https://wa.me/6281585040104

  1. Promo Untuk Kurir dan Ojek Online

Kurir dan ojek online adalah dua pahlawan di dunia transportasi dan logistik saat ini. Setiap hari, jutaan orang mengandalkan keduanya untuk melakukan pengiriman ataupun untuk melakukan perjalanan. Nah, sebagai bentuk apresiasi, Nambo Motor mengadakan promo untuk driver ojek online dan juga kurir dengan memberikan biaya servis yang sangat murah yakni 49.000 rupiah untuk satu kali servis.

Keuntungan Servis Rutin Sepeda Motor

Masih banyak yang belum paham tentang pentingnya servis rutin kendaraan bermotor, terutama sepeda motor. Apasih pentingnya servis?

  1. Kondisi Prima dan Siap Digunakan Bekerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah orang yang sibuk dengan berbagai pekerjaan setiap hari. Bahkan Sebagian besar dari kita mengandalkan sepeda motor untuk berangkat dan pulang kerja. Dengan kondisi motor yang prima, kita bisa lebih siap menjalani hari dan juga lebih tenang dalam melakukan perjalanan menuju atau dari tempat kerja.

  1. Tidak Khawatir Mogok

Kerusakan motor yang sudah parah, seperti rantai/belt dan juga sistem permesinan bisa menyebabkan motor Anda mogok total. Hal ini tentunya akan sangat mengecewakan dan berbahaya jika terjadi pada Anda, terutama Anda yang rumahnya jauh dari kantor. Oleh karena itu, pastikan motor Anda selalu dalam kondisi terawat setiap saat.

  1. Irit BBM

Loh, kok bisa merawat motor jadi irit BBM? Nah, ini lah hal yang tidak disadari orang. Sepeda motor memiliki banyak sistem yang terhubung satu sama lain seperti dari putaran mesin ke transimisi, lalu dari transimisi ke roda penggerak belakang. Bila salah satu sistem tidak bekerja optimal, maka pergerakannya akan terhambat, alhasil BBM yang terbakar pun tidak akan sepenuhnya berubah menjadi gerakan sepeda motor.

  1. Perawatan akan lebih murah sebelum kerusakan menjadi berat

Perawatan motor secara rutin, perlu Anda ketahui, akan membutuhkan ongkos yang lebih murah daripada perawatan besar secara sekaligus bila Anda abai pada kerusakan kecil. Jadilah pengguna motor yang bijak.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang perawatan sepeda motor untuk pengguna rutin sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa manfaatkan promo dari Honda Nambo Motor agar Anda bisa lebih hemat dalam merawat sepeda motor Anda.

Open chat
1
Selamat datang di Nambo Motor!

Jika Anda Membutuhkan Informasi Mengenai Kredit Motor Honda Yang Mudah dan Cepat , Silahkan Balas Pesan Ini. Kami Sedang Online dan Siap Membantu Anda.